Skyscraper
Skyscraper

Pemerintah Memberikan Visa Tinggal Terbatas Bagi WNA

foto

Jakarta,Jabarberita.Com- Pemerintah akan memberikan visa tinggal terbatas di luar kegiatan bekerja kepada Warga Negara Asing (WNA). Hal tersebut tertuang dalam Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) mengenai Keimigrasian yang merupakan aturan turunan Omnibus Law UU Cipta Kerja.

Aturan ini sekaligus akan menjadi perubahan ketiga atas PP nomor 31 tahun 2013 tentang Peraturan Pelaksana atas UU nomor 6 tahun 2011 tentang Keimigrasian. Sebelumnya, dalam PP 31/2013, visa atau izin tinggal terbatas bukan dalam rangka kerja hanya diberikan kepada WNA yang melakukan kegiatan penanaman modal asing; mengikuti pelatihan dan penelitian ilmiah; mengikuti pendidikan; penyatuan keluarga; repatriasi; dan wisatawan lanjut usia mancanegara.

Namun, dalam RPP terbaru, kegiatan wisatawan lanjut usia mancanegara dihapus dan diganti dengan kegiatan 'rumah kedua.' Jangka waktu visa tinggal terbatas untuk rumah kedua bagi WNA juga lebih lama, yakni maksimal lima tahun dari sebelumnya hanya diperkenankan selama 2 tahun.

Hal tersebut tertuang dalam Pasal 148 RPP tersebut. Tak hanya visa tinggal sementara di luar kegiatan bekerja, WNA juga dapat memiliki izin tinggal tetap untuk rumah kedua. Namun, izin tinggal tetap hanya bisa diberikan setelah WNA memenuhi persyaratan tertentu, salah satunya memiliki visa tinggal terbatas.

Bagikan melalui
Berita Lainnya